Selasa, 06 Desember 2011

Paragraf deskripsi

Tema : Pemandangan
Judul : Berlibur dirumah Kakek, di Jepara


Kerangka Karangan :
1. bangun tidur.
2. terdapat sawah yang berwarna hijau, terlihat sejuk.
3. para petani membajak sawah.
4. para peternak memberi makan hewan ternaknya.
5. para warga yang berlalu lalang, pergi kepasar.
6. peternak bebek yang sedang menggiring bebeknya.
7. pohon yang terdapat di sekitar rumah.
8. pemandangan yang indah.





kembangan Kalimat

    Sekitar pukul 04,30 WIB aku bangun dari tidurku. Suara ayam berkokok terdengar dengan jelas. Terdengar pula suara burung-burung yang sedang berterbangan untuk mencari makan. Matahari mulai menampakkan cahayanya dari arah timur, semakin lama cahayanya semakin terang. Aku beranjak dari tempat tidur dan berjalan ke teras depan rumah kakekku. Terlihat hamparan sawah yang nampak hijau, sehingga terlihat sejuk dan damai. Para petani terlihat sedang mengolah sawahnya. Para peternak juga tengah memberi makan hewan ternaknya.
    Nampaknya pagi ini sangat ramai, terlihat para ibu sekitar rumah kakekku berlalu lalang untuk pergi ke pasar membeli sayuran dan sebagainya. Peternak bebek yang tinggal di sebelah rumah kakekku, tengah menggiring bebeknya. Barisan bebek-bebek itu terlihat rapi. Menjadikan pagi ini terlihat makin indah dan menarik.
    Dihalaman rumah kakek yang menghadap ke timur terdapat pohon kelapa yang menjulang tinggi, di samping pohon kelapa terdapat pohon jambu air yang sedang berbuah. Buahnya lebat dan manis. Disebelah kanan rumah terdapat pohon pisang. Pohon pisang itu belum berbuah, karena masih berukuran sedang, sehingga pemandangan disini tampak sangat indah dan sejuk.  Selain untuk mengunjungi kakek dan nenek, aku juga bisa sekalian berlibur. Menikmati pemandangan yang indah dan juga menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar